Langkah Pertolongan Pertama Saat Asma Menyerang

Posted by Ayied Muhammad Riduan on 2:01 PM in
Asma adalah salah satu penyakit pernapasan kronis yang cukup banyak dialami oleh masyarakat dunia. Mengutip Kementerian Kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa 300 juta orang di dunia mengidap asma dan angkanya terus meningkat setiap tahun. Asma bisa menyerang kapan saja. Jika tidak ditangani dengan baik, asma bisa merenggut nyawa. Simak terus untuk tahu langkah pertolongan pertama pada asma, yang bisa berguna ketika Anda atau orang terdekat Anda mengalaminya suatu saat nanti.

Asma

Asma ada banyak jenisnya

Asma adalah penyakit pernapasan kronis yang disebabkan oleh peradangan pada bronkus (jalan udara). Peradangan ini mengakibatkan bronkus membengkak dan menyempit, serta memproduksi lendir berlebih sehingga membuat Anda sulit bernapas.

Gejala asma umumnya ditandai dengan sesak napas, suara mengi (napas berbunyi “ngik-ngik), dada terasa sesak dan berat, serta batuk-batuk terutama di malam hari. Gejala asma bisa muncul secara berkala.

Ada lima jenis asma yang umum, antara lain:

1. Exercise-induced asthma
Asma jenis ini kambuh ketika seseorang berolahraga terlalu intens atau beraktivitas fisik terlalu berat.

2. Asma nokturnal
Asma nokturnal adalah gejala asma yang muncul pada malam hari. Kondisi ini juga disebabkan oleh perubahan siklus alami tubuh saat malam.

3. Asma okupasional
Asma okupasional adalah kondisi asma yang terjadi karena menghirup uap, gas, debu, atau partikel lain di tempat kerja seperti pabrik. Zat-zat asing yang terhirup dapat mengiritasi saluran pernapasan paru-paru dan menyebabkan bengkak. 

4. Cough-variant asthma
Ini adalah tipe asma yang gejala utamanya termasuk batuk kering, alias batuk tidak berdahak dan tidak berlendir. Orang dengan gejala asma ini biasanya tidak menunjukkan gejala asma lainnya seperti mengi, napas pendek, dan dada sesak.

5. Asma yang disebabkan oleh alergi
Seperti namanya. asma jenis ini terjadi ketika dipicu oleh alergi dari sesuatu yang Anda makan, sentuh, atau hirup. Contohnya alergi debut yang dapat menyebabkan Anda bersin dan batuk-batuk terus hingga kesulitan bernapas.